-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

20 Manfaat Jahe Serta Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 06 September 2019 | September 06, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:31:15Z


Mungkin kebanyakan Anda sudah tahu manfaat dari jahe yaitu sebagai minuman hangat yang menyehatkan, namun banyak manfaat dan khasiat yang yang belum kita ketahui dari jenis jahe yang ada. Beberapa jenis jahe yang dikenal oleh masyarakat seperti jahe gajah atau jahe basak yang berbentuk agar besar namun rasanya pedas, resep pedas dan rimpang ini memberikan indikasi sebagai herbal yang berhasiat. Tanaman jenis temu-temuan yang berasal dari India ini memang diperuntukan bagi pengobatan, jahe kuning sering digunakan untuk penyedap rasa masakan dan rasanya cukup tajam dan jahe merah yang paling pedas dan kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi. Rasa pedas pada jahe disebabkan oleh adanya kandungan zingeron, sebuah senyawa keton yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk kita simak beberapa manfaat jahe untuk mengobati berbagai jenis macam penyakit:

1. Stroke dan penyakit jantung
Kandungan gizi mineral pada jahe bersifat antikoagulan yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengontrol tekanan darah, serta menangkal penggumpalan darah yang dapat menimbulkan pembuluh darah tersebut sehingga menyebabkan serangan jantung maupun penyakit stroke.

2. Anti radang dan mengatasi arthritis
Anoman generall jahe juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang berhasiat untuk mengatasi peradangan serta menghambat COX yang diketahui menjadi penyebab terjadinya peradangan dan arthiritis tanpa menimbulkan efek samping.

3. Membersihkan tubuh tubuh dan menangkal kanker
Manfaat jahe dari kandungan antioksidan yang berhasiat dalam menangkal radikal bebas dan membersihkan tubuh dari berbagai virus, bakteri, kuman penyebab penyakit. Bahkan senyawa aktif ini mampu meredam pertumbuhan berbagai jenis sel kanker seperti kanker usus atau kanker ovarium.

4. Menyembuhkan migrain dan sakit kepala

Jahe mampu menghambat prostaglandin yang menyebabkan migrain dan sakit kepala

5. Menyembuhkan demam dan batuk
Kandungan gingerol pada jahe juga menurunkan demam dan menyembuhkan batuk.

6. Menyembuhkan sakit perut
Manfaat jahe juga dari kandungannya yang mampu melancarkan pencernaan maupun metabolisme tubuh, sehingga berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan, iritasi pada usus maupun perut kembung.

7. Menurunkan berat badan dan perut buncit
Meminum minuman jahe secara rutin juga membantu metabolisme tubuh dan membakar kalori sehingga berguna untuk menurunkan berat badan maupun mengatasi perut buncit.

8. Mengatasi mabuk perjalanan dan morning sickness
Minuman jahe atau makanan permen jahe juga sangat berguna untuk mengurangi rasa mual karena mabuk kendaraan, mengatasi jet Lag, open meredakan rasa mual dan ingin muntah pada morning sickness.

Manfaat jahe merah bagi kesehatan

Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki khasiat obat lebih beragam, baik karena rasanya yang sangat pedas maupun dari kandungan minyak atsirinya yang meliputi zingeberin, zingiberen, zingiberal, kamvena, gingeral, shogool serta lemonin. Jahe merah juga banyak mengandung Pati, minyak Damar, gingerin, asam organik, asam aksolat serta asam malat.

Khasiat jahe merah juga sangat banyak untuk mengobati beragam jenis penyakit, diantaranya menghangatkan badan dan menambah nafsu makan, mengobati masuk angin, menyembuhkan radang tenggorokan (bronkitis), rematik, sakit pinggang, nyeri lambung, nyeri otot, maupun untuk meredakan penyakit asma.

Kandungan senyawa aktif yang lebih kompleks pada jahe merah juga sangat baik untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Manfaat jahe merah ini terutama untuk meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh, mengatasi masalah-masalah ejakulasi dini, menyembuhkan lemah syahwat dan meningkatkan libido atau gairah seksual.
×
Berita Terbaru Update