-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

25 Ramuan Herbal Terbukti Mengobati Penyakit, Serta Mempercantik Diri Dan Terapi Penyakit

Rabu, 11 September 2019 | September 11, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:31:12Z

Herbal yang kini masih sangat populer di Indonesia tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, boleh diawetkan ada juga pula ramuan herbal-herbal segar yang mudah kita ramu sendiri di rumah. Berikut merupakan resep ramuan herbal untuk kecantikan, pencegah penyakit dan terapi penyakit yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda.

Herbal kecantikan

1. Herbal buat Mengurangi bau badan
Bau badan tak sedap seringkali menjadi momok setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Kata orang anda cantik namun kalau bau badan, akan membuat kita menjadi malu dan tidak percaya diri. Daripada menggunakan deodoran lebih baik kita memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita. Selain menghemat uang kandungannya cukup aman dan ramah lingkungan, salah satu herbal yang digunakan untuk mengurangi bau badan adalah kapulaga. Buah yang berbentuk bulat berlekuk dengan warna putih tulang ini berhasiat untuk mengurangi bau badan.

Bahannya: 5 sampai 7 butir kapulaga
Cara membuat : Ambil dan cuci Kapulaga hingga bersih, kemudian rebus dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, diamkan sampai hangat. Airnya bisa diminum hangat hangat saat pagi hari secara teratur. Dan Percayalah bau badan yang mengganggu aktivitas sehari-hari anda akan hilang.

2. Herbal untuk mengatasi kulit wajah kering
Untuk mengatasi kulit wajah yang kering menggunakan buah alpukat.
Bahannya: Alpukat
Cara membuat: Ambil daging alpukat lalu dilumatkan sampai menjadi bubur, gunakan sebagai masker dengan cara mengoleskan ke muka yang kering. Setelah lapisan masker alpukat tersebut mengering maka basuhlah muka dengan air bersih.

3. Herbal untuk melembutkan kulit
Bahannya: Buah pepaya yang sudah matang
Cara membuatnya: Makan atau jus buah pepaya yang sudah matang, gunakan untuk masker sebagai pelembut kulit dan mencegah timbulnya kerutan-kerutan.

4. Herbal untuk penyubur rambut
Bahan: Tanaman lidah mertua dan air
Cara membuatnya: Ambil beberapa lembar daun tanaman lidah mertua, cuci hingga bersih, kemudian potong-potong. Beri sedikit air, kemudian blender setelah itu gunakan seperti menggunakan sampah ketika keramas (digosok-gosokkan seluruh rambut hingga ke akar rambut dengan pijatan halus) kemudian biarkan meresap selama 1 jam, akan lebih baik bila ditutup dengan handuk kain ataupun penutup kepala lainnya). Setelah itu cuci rambut hingga bersih dan keramas seperti biasa lakukan tersebut secara rutin selama seminggu, akan melihat hasilnya dalam 2 sampai 3 bulan Kemudian.

5. Herbal untuk menghilangkan jerawat
Bahannya: Biji bunga pukul empat
Cara membuat: Ambil isinya, yang berupa tepung bedak, beri sedikit air kemudian oleskan pada jerawat.

6. Untuk mengurangi bau mulut
Pengobatan pertama
Bahannya: Tanaman Calincing segar
Cara membuat: Bersihkan tanaman Calincing segar, cuci bersih, kemudian Seduh dengan air. Setelah dingin gunakan sebagai obat kumur.

Pengobatan kedua
Bahannya: Daun cempaka kuning segar, 5 gram kapulaga, 3 G daun sirih segar, 5 gram daun saga, 120 mili air.
Cara membuatnya: Bahan-bahan tadi dibuat infus. Gunakan untuk berkumur, kemudian ditelan. Lakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk sekali pakai gunakan 100 mili. Ulang Seminggu tiga kali hingga sembuh.

Pengobatan ketiga
Bahannya: Beberapa potong akar wangi, 2 lembar daun sirih segar, satu genggam herbal pegagan segar, 6 butir buah kapulaga, 110 mili air.
Cara membuat: Bahan-bahan tadi dibuat infus. Contoh pemakaian, untuk umur 2 kali sehari, tiap kali pake 100 mili. Bila perlu encerkan dengan air hangat. Bagian dapat ditelan karena tidak berbahaya.

Herbal untuk pencegahan penyakit

1. Menguatkan imunitas
Bahan: 1 ons bawang putih dan 300 mili madu
Cara membuat: Obat bawang putih lalu dicuci bersih kemudian dicampur dengan madu. Belanda kedua bahan ini bersamaan, setelah halus dan tercampur rata, masukkan ke dalam botol yang bersih dan kering, kocak dan tutuplah botol tersebut rapat rapat berapa dan simpan ditempat yang sejuk dan terbuka (tidak di dalam kulkas).

2. Mencegah Cacat pada janin
Cacat janin sering terjadi pada ibu yang kekurangan asupan asam folat (folic acid) adalah salah satu bentuk vitamin B. Berbagai jenis herbal yang mengandung asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat melindungi bayi dari kecatatan. Herbal yang mengandung asam folat tinggi yang baik dikonsumsi oleh wanita hamil seperti bayam, brokoli, asparagus, pisang dan polong-polongan.

3. Mencegah mabuk dalam perjalanan
Mabuk perjalanan ditandai dengan pusing atau mual, hal ini biasa terjadi saat kita pergi dengan menggunakan bis atau kapal. Mabuk perjalanan sering diakibatkan seseorang tidak tahan terhadap guncangan kendaraan, untuk mencegahnya kita bisa mengkonsumsi jahe. Berbagai bentuk makanan atau minuman yang mengandung jahe dapat anda konsumsi misalkan air jahe atau permen jahe, selain itu agar badan terasa enak bukalah jendela agar Hawa segar dapat masuk dalam kendaraan. Bawalah bantal kecil untuk menahan goncangan, juga penuhilah kebutuhan air minum sehingga tidak mengalami dehidrasi. Kurangi minum es dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat daun teh. Juga makanan awet yang mengandung nitrit seperti sosis dan kornet. Kenangan anda pada arah depan dan jangan membaca saat kendaraan berjalan akan berpindah-pindah saat kendaraan berjalan sehingga mengakibatkan kepala pusing.

4. Mencegah flu 
pada dasarnya untuk mencegah influenza kita perlu mengonsumsi berbagai jenis herbal yang mendongkrak sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit ataupun virus influenza. Herbal tersebut diantaranya:
  • bawang putih : Kandungan substansi antivirus, anti jamur dan antibakteri. Sebagai antioksidan alami, bawang putih dapat meningkatkan sistem imun tubuh
  • spirulina merupakan sejenis ganggang hijau kebiruan yang mengandung protein, lipid dan berbagai mineral yang bersifat membersihkan dan menyembuhkan. Oleh sebab itu mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.
Selain itu agar tidak mudah terserang flu ada beberapa hal lagi yang bisa anda lakukan diantaranya memperbanyak konsumsi buah-buahan segar juga makanan kaya serat, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan yang terdapat mungkin memilih yang organik. Hal lain yang Anda harus perhatikan udahlah mengurangi makanan yang sudah diproses maupun diawetkan, makanan dengan kadar garam dan gula yang tinggi, makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi dan coklat, tidak merokok ataupun minum-minuman keras, istirahat yang cukup dan menjauhi stres.

Herbal untuk terapi penyakit

1. Terapi luka dan penyakit kulit

Pengobatan pertama (terapi dermatitis, eksem dan koreng)
Bahannya: Anting-anting (boleh seluruh bagian tanamannya)
Cara membuat: Rebus herbal, gunakan air untuk mencuci bisul, koreng, luka darah, eksem, dermatitis dan gigitan ular.

Pengobatan kedua ( mengatasi pendarahan atau luka luar)
Bahannya: Herbal anting-anting segar dan gula pasir secukupnya
Cara membuat: Tambahkan gula pasir pada herbal, lalu lumatkan kemudian tempel di tempat yang sakit.

Pengobatan ketiga (untuk luka baru)
Bahan: Asam jawa secukupnya
Cara membuat: Donalson jauh dikunyah sampai lumat, lalu tempelkan pada luka

Pengobatan keempat ( untuk luka borok)

Bahan: Beberapa biji asam jawa (klungsu= jawa)
Cara membuatnya: Tumbuh biji asam jawa sampai halus. Tempelkan pada luka dan tutup dengan perban.

Pengobatan kelima (untuk terapi eksem dan bisul)
Bahan: 3 bawang merah dan satu sendok makan minyak kelapa
Cara membuat: Kupas bawang merah lalu dicuci, parut mencampur dengan minyak kelapa, kemudian didirikan. Hangat-hangat oleskan pada sela-sela jari yang telah dicuci dengan air hangat dan dikeringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.

Pengobatan keenam (untuk mengobati bisul)
Bahannya: 5 lembar daun awar-awar dan garam
Cara membuat: Cuci dan giling halus kemudian tambahkan garam secukupnya, lalu gunakan sebagai kompres pada bisul lakukan satu sampai dua kali sehari.

2. Herbal untuk terapi gigitan serangga serangga (mengatasi bengkak disengat lipan atau lebah)

Bahan: 5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya
Cara membuat: Tumbuk halus biji asam jawa, bersihkan bagian yang bengkak terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian taburi atau tempel dengan bukan biji asam jawa.

3. Herbal untuk terapi alergi atau biduren (jawa)
Bahan: Dua sampai tiga golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, 1/4 sendok kapur sirih.
Cara membuat: Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, lalu saring dan minum air rebusan tersebut.

4. Mengatasi penyakit 3l (lemah,letih, lesu)
Bahan: 4 gram dan anyang-anyang, 3 gram daun sembung, 2 gram herbal Miniran, 4 gram rimpang temulawak, 110 mili air.
Cara membuat: Seduh ban-ban tersebut, kemudian buat infus. Minum 2 kali sehari sore, tiap kali minum 100 mili dan lakukan berulang selama 14 Hari.

5. Mengatasi gangguan perkencingan (mengatasi sakit kandung kencing) 
Penderita yang mengalami gangguan penyakit ini pada saat ini terasa nyeri dan air seninya berbuih.
Bahan: 7 biji buah anyang-anyang, 1 G buah adas, 1/2 ruas jari Pulosari, 110 mili air.
Cara membuat: Bahan dibuat infus atau diseduh, minum 2 kali sehari pagi dan sore, tiap kali minum 100 mili, Lama pengobatan selama 7 hari.

6. Terapi batuk
Pengobatan pertama
Bahan: 5 gram serbuk buah adas
Cara membuat: Seduh serbuk dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin, saring kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Hal ini bisa dilakukan 2 kali sehari sampai sembuh.

Pengobatan kedua
Bahan: Satu sendok teh serbuk buah adas 1/4 genggaman daun saga, 2 Kuntum bunga sepatu, 1/5 genggam daun poko, kuntum bunga tembelekan, 2 butir bawang merah, satu jari Pulosari, 1 jari rimpang jahe, dari gula merah.
Cara membuatnya: Cuci bersih semua bahan dan potong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya, setelah dingin, saring ramuan tersebut lalu minum. Lakukan hal tersebut selama 7 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Pengobatan ketiga
Bahan: 1,5 gram akar manis, 8 gram rimpang, 3 lembar daun sirih, 130ml air.
Cara membuatnya: Buat infus, kali sehari, pagi dan sore sebelum makan, setiap kali minum 100 mili dan diulang sampai sembuh.

Pengobatan keempat (untuk batuk rejan dan bronkitis)
Bahan: 30 gram bawang putih, gula batu, air matang
Cara membuatnya: Kupas dan cuci serta lumatkan bawang putih. Kemudian campur semua bahan tersebut dan Diamkan selama 5 sampai 6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari sampai merasa membaik.

Pengobatan kelima (untuk batuk kering)
bahan: 3potong buah asam jawa dan 1/2 genggam daun saga.
cara membuatnya: rebus kedua bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air sampai mendidih, kemudian saring. minum 2 kali sehari, pagi dna sore.

7. Demam dan influenza
pengobatan 1 ( terapi demam)
bahan: 3 gram herbal ajeran, 200mg babakan pule, 3 gram daun sembung, 2 gram daun poko, 130ml air .
cara membuatnya: campur dan buat infus atau seduh bahan tersebut. contoh pemakaian diminum 2kali sehari, pagi, sore, tiap kali minum 100ml.

pengobatan 2 (terapi demam)
bahan: 4 gram kulit kayu atau daun anyang-anyang dan air 100ml.
cara membuatnya: bahan tersebut dibuat infus lalu diseduh. ramuan yang sudah jadi diminum 2 kali sehari, tiap kali minum 100ml.

pengobatan 4 ( mengatasi demam)
bahan : satu genggam asam jawadan adas pulowaras secukupnya
cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian saring. minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

pengobatan 5 ( untuk orang demam setelah melahirkan)
bahan: rimpang bangle secukupnya
cara membuat: tumbuk rimpang bangle dan gunakan untuk mengompres orang yang baru saja melahirkan.

pengobatan 6 (obat sakit kepala)
bahan: umbi bawang putih
cara membuatnya: lumatkan umbi bawang putih dan torehkan pada dahi.

pengobatan 7 (untuk obat flu)
bahan: 1 bagian bawang putih, 1 bagian bawang merah,1 bagian jahe.
cara membuat: kulas dan cuci bersih kemudian seduh bahan tersebut, tutup hingga 15meni, sisihkan jahenya, makan bawang  merah dan bawang putih, kemudian minum airnya.

pengobatan 8 (mengatasi demam pada anak)
bahan: 2-3 siung bawang merah, 2 sendok maian minyak goreng, seiris jeruk nipis diambil airnya atau air dari sedikitasam jawa.
cara membuatnya: cuci dan parut bawang merah, campur semua bahan, lalu gosokkan dikepala, ketiak, punggung dan perut. kalau panasnya sangat tinggi, gosokkan dikepala, ketiak dan semua lipatan badan, perut, telapak kaki, serta bagian tubuh yang terasa panas kalau dipegang.

8. terapi sesak nafas
pengobatan 1
bahan: minyak adas dan air panas
cara membuatnya: ambil minyak adas sebanyak 10 tetes, seduhdengan 1 sendok makan air panas, kemudian minum saat hangat, hal ini dilakukan 3 kali sehari sampaj keadaan membaik.

pengobatan ke 2
bahan: siapkan 1/2 sendok teh adas 1/4 jari pulo sari, 2 jari rimpang kencur, 1 jari temu lawak, 1 1/4sendok teh jintan hitam, 1/4 genggam daun poncosudo, (jasminum pubescens), 3 jari gula merah
cara membuatnya: rebus semua bahan tersebut dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa kira2 separuhnya. setelah dingin, saring dan siapkan untuk diminum. minumlah sehali sebanyak 3 kal, masing - masing 3/4 gelas.

9. terapi kencing manis (diabetes)
pengobatan 1
bahan: 5gram akar adem ati, 4 lembar daun salam segar, 140ml air
cara membuatnya: campur kedua bahan, lalu dibuat infus. contoh pemakaiannya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. setiap kali minum  100ml.

pengobatan ke 2
bahan : 6 buah belimbing wuluh, 1 gelas air
cara membuatnya: lumatkan belimbing wuluh, rebus dwngan segelas airnya hingga tinggal setengah, lalu saring dan minum 2 kali sehari.

pengobatan ke 3
bahan: 10 batang brotowali, akar pepaya, 3 gelas air
cara membuat: rebus brotowali bersama akar pepaya dengan 3 gelas air. setelah mendidih, saring dan diamkan sampai agak dingin. minum ramuan ini 2 kali sehari.

10. Terapi hipertensi
pengobatan 1
bahan: 3 buah belimbing wuluh, 25 gram biji srigading
cara membuatnya: cuci bersih kedua bahan. tumbuk halus biji srigading, lalu masukkan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebus bersama belimbing wuluh. dinginkan, lalu saring sebelum diminum. cukup diminum 1 gelas sehari.

pengobatan ke 2
bahan: 3 siung bawang merah
cara membuatnya: kupas dan cuci bawang merah, kemudian telan utuh atau diiris kasar sebelum dimakan.

pengobatan ke 3
bahan:  2-3 siung bawang putih
cara membuat: kupas dan cuci bawang putih, lalu kunyah dan telan sambil minum air hangat. lakukan 3 kali sehari.

pengobatan 4
bahan: bawang putih
cara membuat: bakar bawang putih sampai matang, kemudian makan. dua hari pertama makan 6 siung. selanjutnya selama seminggu makan 2 siung.

11. terapi rematik
pengobatan 1
bahan : satu genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu=jawa)
cara membuatnya: tumbuk halus kedua bahan tersebut, lalu gunakan untuk kompres bagian yang sakit.

pengobatan 2
bahan: bangle, air
cara membuat: rebus rimpang bangle dengan air sama lebih kurang 1/2 jam, kemudian minum airnya.

pengobatan ke 3
bahan: 1 genggam daun belimbing wuluh, kapur sirih secukupnya.
cara membuat: cuci segenggam daun belimbing wuluh, tumbuk sampai halus, lalutambahkan kapur sirih, kemudian gosokkan ke bagian yang sakit.

pengobatan ke 4
bahan: akar beluntas
cara membuatnya: rebus akar beluntas dengan segelas air, kemudian saring , llu minum 1 kali sehari sekaligus.

12. pengontrol kolesterol
a. buah belimbing: makanlah buah belimbing setiap usai sarapan dan makan malam, masing-masing 1 buah ukuran besar. lakukan setiap hari secara teratur.
b. bawang merah: ambil 20 gram bawang merah serar iris tipis-tipi, makan bersama nasi, lakukan sebanyak 3kali sehari.

ramuan 1
bahan: 20 gram herbal sambiloto kering, air
cara membuatnya: ambil 20 gram herbal sambiloto kering, rebus d3ngan 3 gelas air dan sisakan 1 gelas. setelah dingin saring airnya. minum sekaligus sesudah makan. lakukan setiap hari agar kolesterol normal.

ramuan 2
bahan: 10 gram rimpang kunyit segar
cara membuatnya: Cuci, iris tipis-tipis lalu rebus kunyit kedalam air hingga tersisa 1 gelas. dinginkan, saring dan minum sekaligus, minum 3kali sehari selama 12 minggu.

13. Pencegah wasir
bahan: 3 helai daun andong segar, 7 helai daun wungu segar, air matang secukupnya.
cara membuat: rebus bahan-bahan teesebut. minum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 1/4 cangkir. lama pengobatan lamanya hingga 14 hari.
×
Berita Terbaru Update