-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minggu, 08 September 2019 | September 08, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:31:14Z

Manfaat alpukat ternyata penting sekali untuk kesehatan kita, banyak manfaat alpukat yang tidak kita sadari dapat membantu kita mencegah penyakit berbahaya meningkatkan metabolisme tubuh. Khasiat buah alpukat ini tergolong sangat bervariasi mulai dari penyakit yang sederhana dan penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker yang tidak hanya kita peroleh dari manfaat kulit manggis dan sirsak. Sebelum kita membahas Lebih Detail mengenai manfaat buah alpukat, ada baiknya kita mengenal berbagai kandungan gizi yang terdapat pada alpukat.

Lemak sehat

Lemak yang ada dalam alpukat adalah lemak yang baik, porsinya mencapai sekitar 3/4 dari jumlah kalori dari buah alpukat. Ini memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat, kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, resiko stroke dan jantung disease.

Protein

Setiap apukat terdiri dari 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibanding dengan buah lain.

Gula

Gula dalam buah ini nilai cukup kecil, sebelah buah avokado dari 0,2 gram gula, jadi tak terlalu berbahaya untuk apa yang khawatir akan gula darah.

Vitamin dan mineral
Seperti pada buah lainnya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Iya memiliki kandungan kalium (kandungannya lebih besar daripada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5, vitamin C vitamin E2.

Serat
Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh, mari kita bahas satu persatu manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat alpukat
Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah. Masih banyak Masyarakat Indonesia yang sangat terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini dianggap untuk menurunkan berat badan. Manfaat alpukat juga dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan agar kulit terlihat sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.
  • Penggunaannya yang pertama
Lumatkan buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Setelahnya gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah atau kulit lainnya.
  • Cara penggunaan kedua
Setengah buah alpukat matang dengan sebutir telur setengah cangkir susu. Setelah itu gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah atau kulit lainnya.

Adapun Penyakit ini sering menyerang Anda yang sudah mulai berumur, osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, fitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit artritis.

Buah alpukat kaya akan fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu, ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam mencegah kanker.

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium terbesar yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Manfaat antioksidan dalam tubuh kita adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu hingga kanker. Buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni kita.

Manfaat alpukat untuk rambut

Alpukat untuk rambut Sudah lama digunakan di berbagai negara, pelopornya adalah produk Mesir kuno. Penggunaan alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai creambath. Manfaat creambath sendiri dapat membantu untuk menghitamkan rambut, membuat rambut sehat berkilau.

Cara penggunaannya:
  • sediakan satu buah alpukat matang 
  • haluskan atau blender tanpa campuran apapun
  • bilas pada rambut langsung 
  • biarkan 15 menit 
  • lalu bilas hingga bersih.
Rasakan efeknya dalam beberapa Minggu setelah dilakukan

Manfaat alpukat lainnya bagi tubuh
Manfaat alpukat ini penting untuk kita ketahui Untuk menambah wawasan dan mengubah paradigma kita yang salah mengenai manfaat buah alpukat ini. Campuran manfaat madu dan manfaat buah alpukat ini akan menambah daya tahan tubuh dan menjadi target awal kita dalam menjaga kesehatan dan mendapatkan tubuh yang segar bugar setiap hari. Hal terpenting adalah kita dapat memanfaatkan alpukat untuk kesehatan tubuh, manfaat kesehatan diyakini tidak memiliki gantinya yang menjadikan alpukat adalah sumber kita mengawali hidup sehat.

Alpukat untuk diet
Masih banyak khasiat alpukat untuk diet yang dapat kita gunakan agar tidak salah persepsi, umumnya orang-orang bilang alpukat dapat menambah berat badan secara drastis!!! Apakah hal tersebut benar? Belum tentu. Alpukat sangat cepat mengenyangkan yang berarti membuat tubuh anda lebih kenyang Sehingga dalam konsumsi makanan utama lebih sedikit, lalu Bagaimana tips untuk diet.
  • alpukat sebelum makan 
  • lakukan secara rutin, pagi, siang dan malam sebelum makan 
  • jangan campur kan dengan gula berlebihan 
  • jangan campur kan dengan susu 
  • makan langsung tanpa juice akan sangat membantu
Nah, jadi konsumsi alpukat dibanding dengan makanan utama tentu akan berdampak pada diet yang optimal. Selain itu alpukat lebih mudah dalam tubuh.
×
Berita Terbaru Update