-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Manfaat jagung untuk kesehatan tubuh

Kamis, 12 September 2019 | September 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:31:12Z

Manfaat jagung yang utama adalah sebagai penghasil karbohidrat dan merupakan bahan pangan pokok bagi banyak penduduk di kawasan dunia lainnya, jagung juga merupakan bahan dasar pembuatan tepung maizena dan juga sumber minyak pangan. Bahkan saat ini jagung telah menjadi bahan baku proses produksi berbagai jenis industri.

Biji jagung dengan kandungan karbohidrat yang bisa mencapai 80% dalam bentuk campuran amilopektin dan amilosa, nilai gizi dalam setiap 100 gram jagung berdasarkan data dari USDA AS terdiri dari karbohidrat 18,70 gr (14%), energi 86 kkal (4%), protein 3,27 gr (6%), lemak 1,35 gr (7%), serat 2gr (5%) yang tidak mengandung kolesterol. 


Sedangkan untuk kandungan vitaminnya terdiri dari asam folat 42mg, (10,5%), asam pantotenat 0,717 mg (14%), niacin 1,770 mg, (11%), thiamin 0,155 mg (13%), pyridoxine 0,093 mg (7%), riboflavin 0,005 mg (4%), vitamin C 6,8 mg (11%), vitamin A 187 IU (6%), vitamin K 0,3 mg (2%), vitamin E 0,07 (<1 font="">


Untuk kandungan mineralnya mengikuti kalium 270 mg (6%), sodium 15 mg (1%), kalsium 2 mg (<1 -="" 0="" 115="" 1="" 37="" 47="" 644="" besi="" cryptoxanthin-ay="" dan="" font="" karaokean="" lutein="" magnesium="" mangan="" mg.="" mg="" selenium="" tembaga="" ug="" zat="" zeaxanthim="" zinc="">


1. Menurunkan gula darah dan kadar kolesterol
Jagung manis dan minyak jagung meningkatkan aliran darah, menurunkan penyerapan kolesterol dan mengatur insulin, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes dan kolesterol. Jagung sangat kaya akan Vitamin B1, Vitamin B5 dan Vitamin C yang membantu memerangi penyakit dan menghasilkan sel-sel baru. Tinggi serat, jagung juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Menjaga kesehatan pencernaan.

Jagung ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam jagung manis yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya wasir dan juga sembelit. Dengan demikian, mengkonsumsi jagung manis baik bagi kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari terjadinya penyakit wasir dan juga sembelit. Karena kaya akan serat, jagung dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu rajin mengonsumsi jagung juga dapat melancarkan metabolisme tubuh.
3. Jagung dapat mencegah anemia.
Kabar baik bagi anda yang menderita anemia maka perbanyaklah makan jagung. Jagung mengandung Vitamin B12, asam folat dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi jagung maka sel darah merah akan anda semakin sehat dan terbebas dari anemia.


4. Sebagai penambah energi
Jika kamu adalah seorang atlet atau suka olahraga di gym, maka sertakan jagung dalam makanan kamu lebih sering. Jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat, yang memberikan energi untuk jangka waktu yang lebih lama.
Satu buah jagung menghasilkan sekitar 29 gram karbohidrat yang tidak hanya menyediakan energi tetapi memastikan berfungsinya otak dan sistem saraf.
5. Mengontrol kolesterol.
Jagung dapat digunakan sebagai menu utama diet bagi penderita diabetes. Hal ini karena jagung memiliki kandungan karotenoid, dan bioflavonoid yang dapat menyerap dan mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan dalam jagung akan membantukan tubuh untuk mengendalikan kolesterol jahat sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
6. Membantu meningkatkan kesuburan wanita.
Diketahui bahwa asam folat penting bagi kesuburan wanita. Nah, jagung mengandung asam folat yang bisa membantu wanita meningkatkan kesuburan. Asam folat ini bisa membantu anda yang sedang melakukan program kehamilan. Jagung yang diolah dengan cara direbus mampu menjaga kandungan asam folat dalam jagung manis dan meningkatkan kesuburan wanita.


7. Menjaga kulit sehat
Jagung mengandung Vitamin C dan likopen (antioksidan) yang meningkatkan produksi kolagen dan mencegah sinar UV yang dihasilkan dari radikal bebas yang bisa merusak kulit. Selain dimakan, produk olahan jagung seperti minyak jagung, tepung jagung dapat langsung dioleskan pada kulit dan sering digunakan sebagai bahan dalam banyak produk kosmetik.
8. Menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.
Selain untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, kandungan asam folat pada jagung membantu menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Nutrisi yang terkandung dalam jagung manis juga dapat memantu mencegah terjadinya cacat pada bayi. Nutrisi pada jagung manis juga dapat membantu mencegah terjadinya hidrosefalus pada bayi. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem syaraf dan juga tulang belakang pada bayi.
9. Menjaga kesehatan Ibu hamil.
Masih seputar kesehatan reproduksi, kandungan mineral dalam jagung perlu bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan, dan harus diberikan asupan mineral yang cukup agar kesehatan tulang dan juga kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga. Ibu hamil yang mengkonsumsi jagung manis juga akan terhindar dari anemia.


10. Cocok untuk yang ingin menaikkan berat badan
Apakah kamu kekurangan berat badan? Dan menemukan kesulitan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat? Jangan khawatir, jagung adalah solusinya. Jagung bisa menjadi tambahan yang sehat untuk makanan kamu jika kamu ingin menambah beberapa kg. Junk Food dan makanan dengan lemak jahat hanya akan membuat kamu terserang masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang. Dengan jagung, kamu tidak hanya mendapatkan kalori sehat, kamu juga mendapatkan sejumlah vitamin dan serat berkualitas baik.
Manfaat jagung yang sangat jelas serta sangat banyak dan tentunya sesuai dengan kebutuhan manusia. Jangan lupa ya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan optimal Anda.
×
Berita Terbaru Update