-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Khasiat Buah Blewah Dapat Mengatasi Penuaan Dini

Jumat, 18 Oktober 2019 | Oktober 18, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:50Z





Buah blewah merupakan bahan makanan sumber air. > 90% mengandung air, selain itu kandungan gizi dalam buah blewah juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan fungsi ginjal dan limpa, juga menurunkan tekanan darah. Vitamin C relatif stabil jika buah blewah dalam kondisi segar. Vitamin C berkaitan dengan pembentukan kolagen yaitu senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat. Vitamin C Membantu menyembuhkan luka, pendarahan dibawah kulit dan pendarahan gusi. Vitamin C bersama dengan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kadar glutation antioksidan alamiah dalam tubuh yang akan memerangi radikal bebas.

Jika seseorang mengonsumsi buah blewah maka fungsi kekebalan tubuhnya akan meningkat. Anak-anak, remaja orang tua yang membutuhkan sistem imun yang baik sangat dianjurkan untuk memakan buah ini. Kandungan polifenol dalam buah blewah terdiri atas flavonoid dan isoflavon. Pada umumnya senyawa fitokimia mempunyai aktivitas antioksidan termasuk saponin, asam malonat dan Lutein. Selain aktivitas antioksidan, polifenol berperan sebagai antivirus dan antimikroba serta membantu menormalkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Secara alami, tubuh menghasilkan antioksidan. Tetapi, jika zat-zat radikal bebas terlalu tinggi, dibutuhkan antioksidan dari luar berupa vitamin A, E dan C. Mineral selenium dan zinc, serta senyawa fitokimia. Zat fitokimia pada bawah ini yang meningkatkan perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit ganas serta dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit kardiovaskuler. Misalnya aterosklerosis, jantung dan stroke. Selain itu juga dapat memberikan perlindungan terhadap penglihatan dengan mencegah terjadinya katarak dan menghambat penuaan dini.

Hasil penelitian para ahli


  1. Menurut Dr. Harudiyati, ahli gizi dari RS Dr.Soetomo Surabaya, salah satu manfaat blewah adalah mengganti cairan tubuh. Selain itu buah blewah merupakan isotonik alami yang berguna sekali bagi kesehatan. Karena blewah sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga ataupun setelah melakukan perjalanan, cocok juga bagi orang yang berbuka puasa agar kesehatan mereka cepat pulih. 

  2. Menurut The Journal of food science, kandungan dalam 100g blewah rata-rata berisi 12,69mg magnesium, 0,10 mg seng, 0,003 mg kobalt dan 0,005 mg krom, 0,05 mg tembaga. 

  3. Dalam panduan RDA (recommended dietary allowance) terdapat anjuran konsumsi beta karoten sekitar 5 sampai 6 mg per hari untuk memelihara kesehatan jantung. Marunjuk saran itu, kiranya tidak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta karoten. Cukup mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat.




Hal yang perlu diketahui
 


  • Jangan mengonsumsi 100 g buah blewah, 50% dari kebutuhan vitamin C dalam satu hari.



  • Karena vitamin C sangat mudah rusak dan bereaksi dengan udara Maka makanlah buah blewah segar sesaat setelah dikupas. Bila dikonsumsi segar buah ini akan sangat membantu mengatasi gangguan kulit. Pasalnya buah blewah kaya sekali akan vitamin-vitamin, antioksidan, penyegar dan peremaja kulit.



  • Buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi sangat aman bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Konsumsi jus blewah secara teratur dapat mengobati Kurang nafsu makan, mag dan saluran kemih.



×
Berita Terbaru Update