-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Khasiat buah Labu Sebagai Anti Radang Serta Mencegah Diabetes Melitus

Sabtu, 12 Oktober 2019 | Oktober 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:53Z





Buah Labu yang rasanya manis dan bersifat hangat merupakan buah dengan kandungan gizi tinggi sehingga dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan usia, termasuk penyakit jantung. Labu juga bermanfaat untuk menyehatkan energi vital, berhasiat menghilangkan nyeri, mengurangi peradangan, mencegah berkembangnya diabetes melitus tipe 2, memperbaiki iritasi jaringan memperkuat sistem imun tubuh, melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker terutama kanker paru, mencegah penyakit jantung dan membunuh parasit. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam buah waluh juga ditemukan pada lensa mata.

Labu, seperti buah dan sayuran berwarna orang lainnya, merupakan sumber karoten yang melindungi mata. Juga mengandung trigonelline, curcubitine, phenolic acids, vitamin C dan B1, niasin, asam folat, asam pantotenat, kalium, zat besi dan serat. Karotenoid yang berasal dari pigmen kuning dan memberi warna pada waluh berhasiat antioksidan. Misalnya, lutein dan zeaxanthin sangat potensial dalam menangkap radikal bebas. Khasiat antioksidan juga diperkuat oleh phenolic acid yang dapat mengikat zat karsinogen agar tidak di absorbsi oleh tubuh.

Biji labu mengandung senyawa (karotenoid dan lemak yang baik yang dapat menghambat perkembangan benign prostatic hyperplasia (perkembangan prostat). Labu juga mengandung zinc guna meningkatkan fungsi prostat dan melindungi densitas tulang. Bijinya berhasiat membunuh cacing gelang, cacing tambang, meluruhkan kencing, mencegah pembesaran prostat, mengatasi patah tulang, bengkak, asam urat tinggi dan batu ginjal.

Hasil Penelitian para ahli


  • Penelitian menyimpulkan mengonsumsi makanan yang tinggi karotenoid dapat menghambat pembentukan katarak dan mencegah degenerasi makula. Karotenoid juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.



  • Penelitian di Cina menemukan khasiat ekstrak labu dapat meningkatkan produksi insulin dan meregenerasi sel-sel pankreas yang rusak. Insulin sangat dibutuhkan untuk memecah glukosa dalam tubuh. Selain itu, daging waluh kaya vitamin A dan C, serta protein, antioksidan, asam folat dan kalium yang baik untuk menjaga sistem imun.



  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, labu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga untuk merawat kecantikan.




Hal yang perlu diketahui


  1. Biji labu yang mengandung zat besi, vitamin K, protein, mangan serta magnesium dan tinggi lemak tak jenuh menjadikan camilan sehat. 

  2. Bagi penderita obesitas yang ingin menurunkan berat badan, konsumsi labu rebus sebagai menu sarapan pagi atau menu makan malam. Selama seminggu dan rasakan hasilnya. 

  3. Bagi anak-anak yang menderita cacingan 10g biji labu segar disangrai lalu ditumbuk sampai halus, diseduh dengan air panas/ hangat, kemudian disaring dan diminum sekaligus sebelum tidur. 

  4. Getah dari kulit labu yang segar dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mengencangkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, serta menghaluskan kulit. Caranya oleskan getah labu di wajah diamkan 20 menit, lalu basuh dengan air hangat.



×
Berita Terbaru Update