-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mencegah Klavus Atau Mata Ikan Pada Kaki

Selasa, 15 Oktober 2019 | Oktober 15, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:51Z

Klavus atau mata ikan merupakan penyakit kulit seperti jerawat yang bisa timbul di permukaan kaki, bagian atas dari kaki atau sering juga pada telapak kaki dan tumit. klavus muncul akibat tekanan dan gesekan terus menerus di bagian kaki, tengah klavus, biasanya dapat dijumpai keratotik plug (penebalan kulit yang membentuk secara inti yang mengeras). Yang mengeras dikelilingi oleh daerah kulit yang mengalami peradangan. Ukurannya Hanya sebesar kacang atau lebih besar dan dapat menembus bagian dalam kulit atau lapisan dermis, inti yang mengeras inilah menyimpulkan rasa nyeri saat kaki berpijak saat menginjak lantai yang keras. Jika dibiarkan klavus akan mengalami infeksi hingga menjadi luka borok yang dalam.

Gejala
Gejala klavus adalah timbulnya rasa nyeri yang ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit di bagian telapak kaki atau tepi jari kaki.

Penyebab
Beberapa penyebab klavus yaitu;
  1. Adanya tekanan gesekan berlebihan terus menerus, biasanya terjadi pada daerah tulang yang menonjol seperti tumit dan lebih sering di telapak kaki atau tepi jari kaki.
  2. Sering mengenakan sepatu yang tertutup dan sempit.
  3. Berat Badan berlebih, tubuh yang gemuk bersifat terserang klavus karena tekanan pada kaki menjadi lebih besar, sehingga tumpuan berat tubuh tidak seimbang.
  4. Seperti gangguan saraf tepi akibat diabetes atau penderita artritis reumatoid (salah satu jenis rematik).
Pencegahan
Untuk mencegah terserang klavus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu;
  • Keseimbangan kadar asam basa dalam tubuh dengan jus dan sayuran.
  • Hindari Makanan berminyak dan manis.
  • Pakailah kaos kaki yang 100% berbahan katun.
  • Untuk mencegah klavus timbul kembali pakailah sepatu dengan bantalan telapak kaki yang baik dan pilih alas kaki yang sesuai ukuran kaki.
  • Jagalah berat badan yang ideal.
Pengobatan
Penanganan yang pertama dapat dilakukan dirumah adalah dengan cara mengurangi penebalan kulit pada klavus. Misalnya dengan cara menggosok atau mengikis daerah yang tebal dengan batu apung atau sabun khusus kulit. Sebelum digosok, ada baiknya kaki direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 15 sampai 30 menit. Salep asam salisilat 40% juga bisa digunakan untuk menghilangkan kulit mati. klavus juga dapat kikis juga dengan pisau medis, ini harus dilakukan oleh dokter atau paramedis yang kompeten.
×
Berita Terbaru Update