-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mencegah Kutil Kelamin Wanita

Rabu, 16 Oktober 2019 | Oktober 16, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:51Z

Human papillomavirus (HPV) merupakan virus yang menjadi penyebab penyakit kutil kelamin, penyakit ini adalah penyakit seksual menular yang paling umum. Penularan kutil kelamin selain oleh pasangan juga bisa melalui ibu kepada bayinya, jadi pada saat baik keluar melalui jalan lahir Ibu yang menderita Penyakit ini. Bayi yang tertular kutil kelamin akan menderita gangguan pernapasan, karena tubuhnya Lesi seperti kutil dalam saluran pernapasan. 

Lebih jauh lagi, ibu yang menderita penyakit kutil kelamin ini itu dapat menyebabkan virus tipe HPV yang menyebabkan kanker lainnya yang memungkinkan pertumbuhan kanker di leher dan kepala pada bayi. Pada perempuan, kutil kelamin dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, area di antara alat kelamin dan dubur dan serviks. Kutil kelamin juga dapat terjadi di mulut atau tenggorokan pada mereka yang melakukan oral seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi dengan virus ini.

Gejala
Beberapa gejala kutil kelamin yang menyerang perempuan atau disebut kutil vagina antara lain;
  1. Berukuran kecil, daging berwarna merah, atau keabu-abuan dan membengkak pada area vagina.
  2. Kutil yang berkelompok berbentuk seperti brokoli.
  3. Penderita merasakan gatal pada area kelamin.
  4. Terjadi pendarahan saat berhubungan seks.
Penyebab
Penyebab kutu kelamin adalah virus HPV tipe 6 dan 11. Bagian lapisan permukaan kulit adalah yang diinfeksi oleh virus ini. Virus ini dapat menyebar dengan cepat melalui hubungan seksual dengan penderita penyakit ini.

Pencegahan
Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu;
  1. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  2. Hindari kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi Penyakit ini sampai benar-benar tuntas terobati.
  3. Melakukan vaksinasi gardasil dan cervarix Membantu melawan virus HPV ini.
Pengobatan
Kutil bagian luar vagina dapat diangkat dengan laser, krioterapi (pembekuan), atau pembedahan dengan bius lokal. Selain itu juga bisa dengan pengobatan kimiawi seperti resin pada filum, podofilotoksin asam trikloroasetat dengan cara mengoleskan nya langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, yang berefek melukai kulit di sekelilingnya badan sering gatal. Kutil di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti thiotepa atau fluorouracil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopi.
×
Berita Terbaru Update