-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kesumba Keling Obat Demam dan Pendarahan

Selasa, 26 November 2019 | November 26, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:10Z

Kesumba keling atau Bixa orellana L, tanaman yang biasa tumbuh di hutan, di taman bahkan di tepi jalan. Ini juga digunakan sebagai pewarna alami untuk kain tenun, batik, dan Sutra. Selain itu dapat juga digunakan untuk pewarna alami makanan yang aman dan tidak bersifat karsinogenik (suatu bahan yang dapat menyebabkan kanker karena gangguan pada proses metabolisme seluler). Bixin Yang terdapat pada tanaman ini memiliki sifat antioksidan, antigenotoksik, (menghambat mutasi DNA), antikarsinogenik, anti jamur, nanti sama dan Damar. Efek farmakologis yang dimiliki kesumba keling diantaranya peluruh kencing (diuretik), penurun deman (antipiretik) penetral racun.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam batang dan daun kesumba Keling di antaranya yaitu tanin, kalsium, oksalat, saponin dan lemak. Selain itu daun, akar tumbuhan ini juga mengandung zat warna bixene,orelline, glukosida. Bagian dari tanaman ini yang digunakan sebagai pengobatan yaitu daun, kulit kayu atau batang, akar, biji dan rimpang.

Cara pengobatan

a. Demam
Cuci bersih 10 g daun kesumba keling, rebus dalam 600 ml air sampai airnya tersisa 300 ml, setelah dingin,saring air rebusannya, lalu Tambahkan air gula seperlunya. Untuk air rebusan diminum 2 kali sehari, sementara untuk pemakaian luar remas-remas dalam kalium dengan air. Gunakan air masanya untuk membasahi kepala.

b. Diare

Cuci bersih 10 g daun kesumba keling lalu rebus dalam 400 ml air sampai tersisa 250 ml, setelah dingin saring air rebusan Dan tambahkan madu secukupnya selalu minum air rebusannya 2 kali sehari.

c. Kurang nafsu makan

Cuci bersih 10 g dalam kesumba keling lalu rebus dalam 400 ml air sampai tersisa 250 ml, setelah dingin saring hasil rebusan air tersebut lalu minum dengan madu secukupnya.

d. Masuk angin
Cuci bersih 3 sampai 10 g daun kesumba keling lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring air rebusan lalu minum dua sampai tiga kali sehari. Cara lain cuci bersih 10 g daun kesumba keling, 10 g daun poko, 3 buah cabe jawa dan 3 jari gula enau. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas, setelah dingin saring air rebusan lalu minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

e. Oedem ( Beri-beri)

Cuci bersih 3 sampai 10 g daun kesumba keling lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring hasil rebusan air tersebut lalu minum dua sampai tiga kali sehari.

f. Pendarahan

Rebus 3 sampai 10 g kesumba keling dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring air hasil rebusan tersebut lalu minum dua sampai tiga kali sehari.

g. Perut kembung
Cuci bersih 3 sampai 10 g daun kesumba keling lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring hasil air rebusan lalu minum dua sampai tiga kali sehari.
×
Berita Terbaru Update