-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Khasiat Kayu Putih Obat Radang Kulit dan Luka Bernanah

Minggu, 24 November 2019 | November 24, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:30:12Z





Kayu putih (melaleuca cajuputi sub sp. cajuputi) memiliki manfaat dalam mengobati penyakit, bagian dari tanaman ini yang digunakan sebagai pengobatannya yaitu daun. Bagi masyarakat Indonesia tumbuhan ini sudah terkenal memiliki banyak khasiatnya sebagai antiseptik, meluruhkan kentut (karminatif), meredakan rasa nyeri(analgesik), meluluhkan keringat mat (diaforetik), anti rematik dan meredakan kolik (spasmolitik). Rasa buahnya pedas dan berbau aromatik. Berhasiat meningkatkan nafsu makan, karminatif dan obat sakit perut.

Tanaman kayu putih mempunyai kandungan kimia di beberapa bagian tanamannya dan dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, kulit kayu mengandung lignin dan retinol bernama melaleucin. Daunnya mengandung minyak atsiri yang terdiri atas metileugenol, 1.8 cineol, terpinol, a-pinene, benzaldehid, butilaldehid, pentanal, asam propionat dan betulin.

Bagian tanaman kayu putih yang dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak kayu putih adalah daunnya. Dan ini kemudian akan diproses melalui destilasi atau penyulingan hingga nantinya akan menjadi minyak kayu putih yang berwarna kekuning-kuningan sampai kehijau-hijauan. Minyak ini yang sering disebut sebagai minyak kayu putih dan memiliki khasiat yang sangat banyak. Minyak ini digunakan sejak zaman dahulu sebagai antiseptik, obat sakit perut, obat flu atau digunakan untuk pijatan (urut) ringan dan sebagainya. Di bidang industri, minyak kayu putih adalah salah satu bahan baku industri obat-obatan maupun diindustri kosmetik.

Cara pengobatan 


 
a. Rasa lesu dan lemah
Kulit kering sebanyak 6 sampai 10g dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum.

b. Diare
Daun kering sebanyak 6 sampai 10g direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum.

c. Radang kulit
Daun sebanyak 1 genggam dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih. Hangat-hangat untuk mencuci bagian kulit yang sakit.

d. Luka bernanah
Kulit muda, sedikit jahe dan asam, dikunyah lalu ditempelkan pada luka terbuka yang bernanah. Ramuan ini akan menghisap nanah dari luka tersebut dan membersihkannya.


×
Berita Terbaru Update