-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Mengatasi Susah Tidur

Jumat, 31 Januari 2020 | Januari 31, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:29:04Z

Tanaman ylang-ylang diketahui banyak manfaat. Diantaranya dapat memberikan Efek relaksasi dan dapat menurunkan tekanan darah (Hongratanaworakit & Buchbauer, 2006). Selain itu, kandungan germakrena yang terdapat dalam minyak esensial nya juga berkhasiat antioksidan. Minyak esensial ylang-ylang juga terbukti memiliki aktivitas anti bakteri dan anti fungi, sehingga digunakan sebagai zat aditif alami untuk pengawet makanan. Ylang-ylang juga terbukti sebagai penolak nyamuk, khususnya nyamuk Culex quinquefasciatus (nyamuk penyebab penyakit kaki gajah). Selain minyak esensial yang berhasiat, senyawa alkaloid yang terdapat pada buah nya juga berpotensi digunakan sebagai anti kanker. Selain itu dapat mengobati insomnia.

Ylang-ylang yang merupakan varian dari Kenanga, mempunyai nama Latin yang sama dengan Kenanga yaitu Cananga odo rata (Lam). Hook.f & Thomson. Tanaman ini sangat terkenal karena kandungan minyak esensial yang tinggi, yang diekstrak dari bunga dewasa dan jadikan bahan produksi parfum.

Di dalam buah Ylang-Ylang diketahui mengandung alkaloid guapiridin sesquterpena dan eudesmana sesquiterpen yang berpotensi sebagai pencegah penyakit kanker hati. Selain itu beberapa senyawa kelompok lakton yang berhasiat sebagai antibakteri juga telah diidentifikasi terdapat pada daun dan batang tanaman ini.

Cara penggunaan
1. Mengobati insomnia
Tambahkan 3 tetes minyak lavender, 1 tetes minyak chamomile dan 1 tetes minyak ylang-ylang ke air mandi dan aduk biarkan selama 15 menit gunakan untuk berendam atau mandi untuk efek relaksasi. Minyak ylang-ylang diperoleh dari proses penyulingan.
×
Berita Terbaru Update