-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Mengatasi Penyakit Retinopati

Jumat, 07 Februari 2020 | Februari 07, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:29:00Z

Retinopati merupakan kelainan pada retina yang tidak disebabkan oleh peradangan. Retinopati disebabkan oleh seseorang yang menderita penyakit tertentu atau mengalami kondisi tertentu yang mengakibatkan kerusakan pada retina.

Jenis
Jenis retinopati sesuai dengan penyakit yang menjadi penyebabnya, yaitu:
a. Retinopati anemia
Retinopati jenis ini diakibatkan penderitanya mengalami anemia. Makin berat anemia, kelainan retina akan bertambah berat.

b. Retinopati hipertensi
Merupakan kelainan retina akibat tekanan darah tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan pendarahan, dede mah dan eksudat pada retina serta Arteri menjadi tidak teratur besarnya.

c. Retinopati hipotensi
Akibat hipotensi (penurunan tekanan darah) dapat berupa dilatasi arterior dan vena retina, iskemia saraf optik, glaukoma dan retinitis.

d. Retinopati diabetes
Merupakan kelainan retina yang ditemukan pada penderita diabetes melitus (kencing manis). Penimbunan glukosa dan fruktosa merusak pembuluh darah halus pada retina.

e. Retinopati leukemia
Retinopati leukemia dapat terjadi akibat leukemia bentuk apapun, seperti akut kronik dan limfoid mieloid. Tanda-tanda berupa Vena melebar, berkelok-kelok dan memberi refleks yang menginap sehingga sulit dibedakan antara arteri dengan Vena. Selain itu, terdapat pendarahan dan eksudat pada retina dan edema papil.

f. Retinopati purtscher
Merupakan kerusakan retina akibat trauma berat, trauma tumpul thoraks dan kepala, gagal ginjal dan akibat penyakit sistemik lainnya.

Penanganan
Penanganan retinopati berbeda-beda, tergantung jenis penyakit penyebabnya dan di bawah pengawasan dokter.
×
Berita Terbaru Update