-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mengatasi Penyakit Mata Trauma Mekanik

Senin, 17 Februari 2020 | Februari 17, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:57Z





Trauma mekanik merupakan kerusakan mata akibat adanya kontak antara mata dengan benda keras, benda tidak keras maupun benda tajam.

Jenisnya
Berdasarkan benda penyebabnya ada beberapa jenis trauma mekanik, yaitu:
a. Trauma tumpul
Kejadian yang dapat dikategorikan trauma tumpul diantaranya mata terkena ketapel, terkena pukulan, terkena bola tenis atau golf.
b. Trauma tajam
Trauma tajam merupakan kerusakan mata karena pada mata terkena benda tajam seperti pisau, gunting, garpu, kail pancing, alat-alat pertukangan atau alat lainnya.

Penanganannya
Penanganan trauma mekanik tergantung pada jenisnya.


  1. Pada trauma tumpul ringan, mungkin hanya menimbulkan gangguan penglihatan sementara dan penanganan cukup dengan dibebat dengan plester dan pemberian antibiotik. 

  2. Bila mata memar, kompres dengan es batu atau air dingin sekitar 15 menit. Lakukan setiap jam selama 24 jam pertama setelah trauma. Hal ini bertujuan mengurangi pendarahan dan rasa nyeri. 

  3. Pada 24 jam berikutnya Kompres dengan air hangat untuk memperbaiki aliran darah. 

  4. Pada kasus yang lebih parah, apalagi bila terjadi pendarahan dalam bola mata, segera dibawa ke rumah sakit. 

  5. Umumnya, luka akibat trauma tajam memerlukan penanganan di rumah sakit. Sebagai pertolongan pertama dan Selama perjalanan ke rumah sakit. Debat lah mata dengan plester tetapi jangan terlalu kencang. 

  6. Bila ada benda yang tertinggal atau tertancap di mata, jangan sekali-kali diambil sendiri tanpa bantuan dokter. 

  7. Selama dalam perjalanan ke rumah sakit, topang kepala penderita dengan bantal di sebelah kanan dan kiri agar tidak bergerak. Sebaiknya penderita juga tidak menggerak-gerakan bola matanya.



×
Berita Terbaru Update