-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

makanan penyebab komedo

Kamis, 14 Mei 2020 | Mei 14, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:50Z







Makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat berdasarkan kondisi kulit seseorang yang mengalami masalah karena minyak dan jerawat. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya harus dihindari karena memicu sekresi atau pengeluaran keringat, minyak oleh kulit termasuk kulit wajah merupakan hal yang terjadi secara kimiawi di dalam tubuh. Berikut ini merupakan daftar makanan yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi dengan kadar rendah yang dapat memicu kulit wajah berminyak dan berjerawat:





1. Daging merah dan olahan daging yang berlemak


Daging merah berlemak mengandung banyak lemak jenuh yaitu sejenis lemak yang berbentuk yang dapat berpotensi menyebabkan obesitas, sakit jantung dan inflamasi. Daging merah yang kaya akan Lemak ini sebaiknya dihindari, namun jika harus memakannya 1 atau 2 kali serta Pilihlah daging yang sudah dipisahkan dari lemaknya dan pilih menu makanan yang dihindarkan dengan cara dibakar dan direbus. Jangan memakan daging merah dengan cara digoreng karena kandungan lemaknya dapat menjadi dua kali lipat. Daging yang sangat dihindari itu: Daging kambing, daging domba, hati atau kajeroan dan daging babi, daging sapi, daging kalkun, daging ayam (pilih bagian dada), daging asap dan sosis ayam.





2. Susu dan olahan Produk susu


Konsumsi Produk susu dan olahannya seperti keju, yoghurt dengan tambahan manis dan rasa akan membuat jerawat timbul jika dikonsumsi berlebihan. Satu gelas susu pada orang dewasa yang memiliki kulit berminyak akan membuat produksi Lembang berlebih hingga dua kali lipat, meskipun tidak secara langsung membantu jerawat namun pada prosesnya dapat memper buruk keadaan kulit wajah dan membuat proses penuaan semakin cepat akibat kelenjar sebacea ya udah Terus merangsang pembentukan minyak. Namun karena kalsium sangat penting, kamu bisa mengonsumsi kalsium yang terdapat pada sayuran hijau, seperti brokoli atau olahan kedelai seperti tofu. Berikut ini Jenis susu dan olahan Produk susu yang harus dihindari seperti: Susu sapi full cream, susu kambing, keju mozarella, keju kambing, mentega, keju edam, yoghurt, es krim, keju cream, krim asam, keju Swiss, keju parmesan.





3. Gula


Konsumsi makanan manis dapat menyebabkan timbulnya jerawat, kenaikan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan naiknya hormon insulin yang salah satunya dapat menyebabkan kinerja darah terhambat sehingga pori-pori pada kulit wajah pun akan tersumbat. Hal ini akan membuat resiko timbulnya jerawat semakin besar. Membatasi asupan gula sejenis glukosa memiliki indeks glikemik tinggi sehingga sangat dihindari, usahakan untuk membatasi asupan gula pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Gula secara alami dapat diambil dengan mengonsumsi makanan alami seperti ubi manis yang banyak mengandung betakaroten. Beta karoten ini dapat membantu menghilangkan noda hitam pada wajah. Makanan yang harus dihindari dan mengandung gula seperti: Sirup manis, olahan cake, manisan, gula putih, coklat manis, permen, wafer, jelly, pancake sirup, selai roti dan madu.





4. Makanan ringan


Snack yang banyak mengandung garam akan semakin memperburuk kondisi wajah kulit yang berminyak dan berjerawat karena menyebabkan meningkatnya proses inflamasi dalam kulit. Kebanyakan makanan ringan yang dijual di pasaran banyak mengandung lemak Trans yang dapat menimbulkan pengaruh itu memper buruk kondisi wajah yang berminyak. Selain itu makanan ringan banyak diketahui mengandung tambahan bahan perasa maupun pewarna yang tidak baik untuk metabolisme tubuh. Makanan ringan yang harus dihindari seperti: Potato chips, singkong keju, kentang goreng, keripik, ubi chips, chicken flavor snack.





5. Serealia, roti dan pasta


Olahan gandum, dibentuk melalui proses yang dapat menyebabkan hilangnya atau terpisahnya serat dalam nutrisi yang baik. Hasil olahan tepung banyak mengandung lektin yang akan tersimpan dalam jaringan otot yang akan menyebabkan lambatnya pembakaran kalori dan menurunnya kecepatan metabolisme. Yang tidak segera diolah akan disimpan sebagai lemak, sehingga tepung dan olahannya akan menjadi salah satu faktor tingginya kadar minyak dalam kulit.





Sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat untuk mengatur asupan roti, pasta dan masih dalam porsi sedang. Dianjurkan untuk mencoba roti yang mengandung kecambah gandum yang mengandung gluten darah dan sehat tinggi. Makanan yang dihindari dapat dikonsumsi suatu waktu namun tetap harus dikontrol jumlah asupan itu seperti: Tepung beras, pasta artichoke (murni), tapioka, sereal cornflakes, mie Soba, beras, produk gandum utuh, kue beras, serial grape-nuts, bubur gandum Oats, millet, roti beras, pasta bayam, gandum Oats.





6. Kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan


Makanan yang dibuat dari olahan kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan merupakan salah satu faktor pemicu hadirnya jerawat, terlebih beberapa makanan dari olahan yang terbuat dari kacang tanah. Hal ini disebabkan di dalam sumber makanan tersebut terdapat protein dan lemak yang sangat tinggi, sehingga makanan tersebut dapat memicu produksi kadar minyak berlebih pada kulit wajah yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.





7. Makanan cepat saji


Makanan cepat saji biasanya diolah dengan digoreng yang otomatis mengandung minyak yang sangat tinggi, faktanya bahwa keberadaan makanan cepat saji ini terbukti meningkatkan tingkat obesitas, penyakit jantung dan resiko diabetes. Lemak yang tinggi akan memacu stres sehingga pola metabolisme terganggu hal ini akan mempermudah buruk kondisi kulit wajah.





8. Alkohol dan soda


Minuman beralkohol maupun yang hanya mengandung soda banyak diteliti memiliki hubungan dengan timbulnya jerawat pada wajah. Orang yang meminum alkohol, sering ditemukan mengalami masalah dalam mengelola tekanan dalam hidupnya.





9. Kopi Hitam


Konsumsi kopi hitam sangat tidak dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Ini dikarenakan konsumsi minuman ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan nya hormon dan memicu terjadinya stres yang merupakan faktor pencetus jerawat.


×
Berita Terbaru Update