-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Lulus Tes TNI dan Polri Tahap Awal

Senin, 19 Oktober 2020 | Oktober 19, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:47Z
 
Bagi sobat yang sedang bersiap-siap dalam mengikuti tes fisik maupun yang ingin mengetahui cara agar lulus tes fisik masuk TNI dan Polri, maka sobat sekalian harus secara maksimal dan optimal baik  secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, persiapan fisik harus dilakukan semenjak dini bahkan jauh dari sebelum sobat mengikuti tes TNI dan Polri. Berikut ini beberapa cara yang coba kami rangkum bagi sobat menghadapi tes fisik masuk TNI dan Polri.

1. Mengatur dan menjaga pola makan
Pola makan terutama pemenuhan nutrisi dan gizi sangat diperlukan dalam mempersiapkan diri menghadapi tes tNI dan Polri, dengan tercukupinya gizi Makassar tinggi antara 190 sampai 165 cm sangat memungkinkan untuk dipenuhi. Emang merasa berasal dari faktor genetis Ayah atau Ibu yang kurang tinggi Maka makanan yang mengandung kalsium perlu ditingkatkan. Baik jika ada tambahan vitamin dan madu. Beberapa rekomendasi makanan yang harus dikonsumsi bagi sobat yang ingin mengikuti tes fisik yaitu:
  • Mengonsumsi makanan karbohidrat komplek seperti kentang, nasi beras merah dan roti gandum. 
  • Konsumsi lauk pauk yang mengandung banyak protein serta mengonsumsi daging tanpa lemak ikan dari 250 gram per hari. 
  • Mengkonsumsi lauk nabati seperti tahu dan tempe serta jamur. 
  • Mengonsumsi sayur mayur, perbanyaklah konsumsi sayuran hijau, orange dan kuning yang mengandung vitamin bagi tubuh. 
  • Mengonsumsi buah-buahan karena di dalam buah-buahan mengandung banyak antioksidan dengan manfaat untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan menjaga penampilan postur tubuh. 
  • Mengonsumsi susu baik itu susu sapi maupun susu kambing dan produk seperti keju, yoghurt dan ghee. 
  • Banyak mengonsumsi air putih minimal 2,5 liter perhari

2. Mengatur dan menjaga pola tidur
Berusaha hidup sehat juga diciptakan dengan cara mengatur pola tidur atau pola istirahat. Istirahat yang cukup, kelebihan dan tidak kurang akan memaksimalkan pertumbuhan fisik dan kesehatan tubuh. Beraktivitas lah di siang hari dan istirahat di malam hari. Di malam hari waktunya tubuh dan meregenerasi sel-sel istirahat di waktu ini bisa membuat tubuh lebih sehat.

3. Berolahraga
Olahraga sangat dibutuhkan jika sobat ingin masuk ke pendidikan militer semacam TNI dan Polri, di samping tes masuk membutuhkan kebugaran tubuh kebugaran tubuh meski harus dijaga. Sehingga pada saat tes sobat tidak mudah lelah dan pegal-pegal, maka dari itu sobat harus rutin melakukan olahraga setiap hari seperti push-up, sit-up, jogging, shuttle run, pull up, ban berenang.

4. Menghindarkan racun yang bisa membahayakan tubuh
Fisik juga dilakukan dengan cara menghindari masuknya racun ke dalam tubuh. Caranya dengan menghindarkan diri dari rokok dan jarak pada orang yang sedang merokok. Hindari terkena atau menghirup asap kendaraan secara langsung dengan cara memakai masker saat berkendara motor jalan. Hindarkan juga narkoba dan minuman keras, karena zat tersebut menjadi racun bagi tubuh.
Selain racun tersebut masih ada lagi yang perlu dihindarkan yaitu racun yang tanpa sengaja kita konsumsi dan berasal dari makanan sehari-hari. Misalnya makanan yang mengandung bahan perasa, pengawet dan pewarna kimia berbahaya, minuman soda dalam jumlah yang banyak serta makanan dalam jumlah yang berlebihan atau malah kurang.

5. Melakukan general check up
Untuk mengantisipasi kesehatan yang menyeluruh, lakukan G general check up di laboratorium minimal 1 tahun sebelum pendaftaran agar bisa mengetahui kekurangan dan penyakit yang sebelumnya sobat Derita. Jika general check up dilakukan secara dini maka besar peluang untuk masih bisa disembuhkan. Misalnya ada yang kurang sehat pada paru-paru ataupun tekanan darah maka bisa langsung diantisipasi dengan memperbanyak menghirup udara segar, cukup istirahat dan makan makanan yang bergizi.

6. Menyiapkan nilai akademik yang mencukupi
Syarat pendaftaran TNI dan Polri, persyaratan nilai menjadi salah satu hal yang perlu disiapkan. Usahakan nilai mata pelajaran mulai kelas 1 SMA/MA dan sederajat berada diatas 7,5 karena kelebihan nilai akademis ini menjadi poin tersendiri bagi pendaftaran seleksi TNI dan Polri.
×
Berita Terbaru Update