-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Sukses Lulus CPNS

Minggu, 25 Oktober 2020 | Oktober 25, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:45Z

Setiap orang tidak tahu persis masa depannya.  Hanya Tuhan Yang Maha Esa yang tahu.  Manusia hanya diwajibkan berusaha dan berdoa.  Anda yang ingin menjadi PNS tentu harus berusaha mememenuhi persyaratan yang ditentukan, mulai persyaratan administrasi sampai lulus tes.  Bagaimana caranya?  Saran berikut ini dapat diterima dan dilaksanakan agar kemungkinan lulus tes menjadi CPNS semakin besar. 

  1. Rajin melihat pengumuman pengadaan PNS yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang sesuai dengan bidang yang diminati. Misalnya bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pertanian, dan lain-lain.  Pengumuman itu bisa "diburu" di internet, surat kabar / majalah, atau media lain.  
  2. Memahami persyaratan yang ditentukan dalam pengumuman dan dicocokkan dengan keadaan diri (umur, pendidikan, dll.) Serta kemampuan persyaratan yang ditentukan dalam pengumuman. 
  3. Melengkapi berkas lamaran.  Lakukan dengan cermat.  Jangan sampai ada kekurangan atau kesalahan.  Karena itu,  teliti berulang-ulang.  Jika perlu, mintalah bantauan orang lain untuk ikut menelitinya.
  4. Segeralah ungkapan diri sesuai petunjuk yang ada di dalam pengunaan.  Ambillah kesempatan awal, jangan menunggu sampai batas akhir.  Mengapa?  Mendaftar pada kesempatan awal memiliki kesempatan untuk memperbaiki atau melengkapi berkas lamaran jika ada yang salah atau kurang.  Selain itu, jika sudah mendaftar (menyerahkan berkas lamaran) dan mendapat tanda terima, Anda merasa lebih tenang mempersiapkan diri menghadapi seleksi. 
  5. Mempersiapkan diri mengikuti tes.  Caranya, mempelajari materi ujian / kisi-kisi.  Materi itu, tentu saja tersebar diberbagai sumber (buku, internet).  Ada baiknya berdiskusi dengan orang yang lebih tahu, terutama orang  yang pernah mengikuti seleksi masuk CPNS.
  6. Mencoba berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS.  Bukan hanya berlatih, tetapi juga berusaha memahami materi uji yang berada di wilayah soal- soal tes.  Latihan harus dilakukan secara berulang-ulang sampai benar-benar merasa paham dan terampil.
  7. Kuatkan tekad dan besarkan semangat!  Jangan merasa rendah diri  karena melihat peminat yang terlalu banyak.  Yakinlah bahwa diri Anda mempunyai peluang yang sama dengan peminat lain.  Yakinlah bahwa diri Anda mampu menyaingi mereka.
  8. Berdoalah sambil terus berjuang mempersiapkan diri!  Jika Anda berupaya sungguh-sungguh, biasanya ada "keajaiban" yang oleh Prof. Yohanes Surya disebut mestakung (semesta mendukung).  Yakinlah hal itu akan terjadi.
  9. Satu hari sebelum melaksanakan tes, sempatkan untuk mengecek lokasi pelaksanaan tes, di ruang mana Anda harus duduk.  Hal itu perlu dilakukan agar keesokan harinya Anda tidak sibuk mencari lokasi yang menyebabkan Anda menjadi panik atau mengurangi ketenangan Anda.  
  10. Malam sebelum mengikuti seleksi jangan bergadang, termasuk belajar sampai larut malam.  Upayakan dapat beristirahat cukup supaya pagi harinya badan terasa segar dan pikiran tenang.  Pagi sebelum berangkat ke tempat tes, sarapan secukupnya.  Jangan terlalu kenyang.  Bawalah alat tulis dan peralatan lain yang dibutuhkan.  Upayakan datang paling lambat setengah jam sebelum tes dilaksanakan.
×
Berita Terbaru Update