-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Memperkuat Sinyal WiFi Agar Koneksi Internet Cepat

Selasa, 13 Oktober 2020 | Oktober 13, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:48Z

Ada beberapa cara dalam meningkatkan kinerja sebuah wireless (wi-fi) yang terasa lambat ketika kita sedang browsing atau sedang menggunakan aplikasi media sosial. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memperkuat sinyal jaringan wireless (wi-fi)

  1. Jauhkan access point dari perangkat elektronik tertentu. Sinyal jaringan wi-fi bekerja di frekuensi 2,4 GHz, baiknya anda menjauhkan akses point dari perangkat elektronik yang menggunakan frekuensi yang sama.
  2. Hindari pemakaian alat yang dapat melemahkan atau mengganggu sinyal wireless, seperti telepon tanpa kabel, microwave, peralatan yang menggunakan bluetooth dan peralatan lain yang menggunakan wireless. Poin Anda jauh dari benda-benda yang bisa menimbulkan interferensi tersebut.
  3. Apabila semakin jauh sebuah komputer dari akses Point, maka semakin lemah sinyal dan transfer data yang diperoleh. Mengingat sebagian besar access point menggunakan antena omnidirectional, sebaiknya access point diletakkan di tengah ruangan sehingga bisa menjangkau setiap sudut ruangan. Jika warles router ada di sisi sebelah tembok maka di sisi yang lain akan menjadi sedikit melemah.
  4. Hindari halangan, yaitu media yang bisa melemahkan atau mempersulit ditembus oleh sinyal wireless, seperti kaca, tembok, beton, besi kekuatan sinyal tidak hanya dapat terhalang oleh objek dalam rumah, tapi juga objek yang bergerak seperti manusia dan hewan, walaupun entitasnya kecil. Bahan yang sangat besar hambatannya dalam mengirimkan sinyal jaringan wireless adalah bahan yang mengandung perak, seperti cermin dan juga logam seperti lemari kabinet. Sedangkan bahan yang dikategorikan memiliki hambatan yang besar, di bawah 2 material di atas adalah keramik, kertas (seperti tumpukan koran dan buku), beton, serta bahan anti peluru yang digunakan pada kendaraan.
  5. Jangan menempatkan access point di lantai, berdekatan dengan dinding atau berdekatan dengan benda yang mengandung besi (metal) karena semuanya itu akan mengurangi kekuatan sinyal yang ada. Semakin dekat Anda Letakkan dengan ketiga hal tersebut, akan semakin lemah sinyalnya. Semakin dekat warles router atau akses poin anda dengan objek penghalang tersebut, semakin kuat interferensinya dan akibatnya adalah semakin melemahnya koneksi.
  6. Antena bawaan dari access point atau Wireless Router umumnya dirancang untuk arah Omni, artinya broadcast ke semua arah. Jika access point atau Wireless Router anda berada di sisi dalam tembok luar rumah, maka separuh atau sebagian besar kekuatan sinyal akan mengarah keluar rumah dan sia-sia terbuang. Apabila access point atau Wireless Router milik anda tidak memungkinkan untuk memperkuat power keluaran, anda bisa upgrade antena dengan antena yang high - gain, yang bisa memutuskan kekuatan sinyal wireless hanya ke satu arah saja dan diarahkan ke area yang paling banyak digunakan.
  7. Jika memungkinkan, gunakan satu vendor tunggal untuk semua wireless device yang anda gunakan. Hampir semua piranti wireless sudah mendapat standar sertifikasi dari wi-fi Alliance yang berarti bisa bekerja terhadap Standar Industri wireless manapun yang bersertifikasi yang sama. Akan tetapi, peforma lebih meningkat hampir 2 kali jika menggunakan piranti wireless dari vendor dan teknologi yang sama.
  8. Melakukan update firmware perangkat wireless. Biasanya produsen perangkat wireless selalu merilis update firmware secara gratis untuk Anda download, tujuannya adalah untuk memperbaiki performa dari produknya. Selain itu, dengan melakukan update firmware yang apabila pada versi sebelumnya terdapat bug, maka Akan diperbaiki dan terkadang disertai pula dengan tambahan fitur baru. Sebab pada dasarnya, software selalu akan di-update demi kestabilan kinerja perangkat wireless itu sendiri. Informasi mengenai update terbaru ini biasanya dirilis di website produsen produk tersebut.

×
Berita Terbaru Update