-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mengatasi Batrei HP Cepat Habis Lowbat

Minggu, 01 November 2020 | November 01, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:43Z

Bagi sobat yang baru saja memiliki smartphone, mungkin aku sedikit terkejut karena Kita terpaksa harus berkali-kali mengisi ulang baterai saat memakainya. Ingat!! Perangkat yang kita gunakan memakai sistem operasi yang tentu membutuhkan banyak pendukung yang membutuhkan daya. Maka dari itu sangatlah wajar akan menyedot daya baterai tanpa memiliki belas kasihan. Apalagi jika sobat pergunakan untuk browsing internet, akan membuat baterai bekerja ekstra untuk menjalankan perangkat GPU, processor dan kawan-kawannya, yang ditanamkan pada perangkat Android sobat. Lagi di tambah kegilaan dalam menuntaskan dendam gamer yang terpendam pada diri sobat, dengan bermain game secara histeris tentu saja akan membuat baterai semakin ngos-ngosan sebelum akhirnya jatuh tewas minta diisi ulang🤣. Lalu bagaimana busi untuk masalah ini dengan tujuan agar sobat dapat menghemat baterai sehingga mampu bertahan lebih lama. Ada berapa cara yang dapat sobat lakukan dalam rangka melakukan penghematan daya baterai.


1. Matikan GPS jika sedang tidak diperlukan

Global positioning system alias GPS adalah salah satu fitur yang ditanamkan pada perangkat smartphone. Kegunaan nya jelas. Untuk mengetahui dan menentukan lokasi perangkat via satelit. Sehingga perangkat Android kita dapat melakukan beberapa fungsi vital, seperti sebagai pemandu jalan.

Maka dari itu tidak setiap saat kita butuh memakai Map (peta) untuk mencari suatu lokasi ataupun tidak setiap saat keberadaan kita perlu diketahui, sebaiknya kita matikan saja fitur ini bila memang tidak membutuhkannya. Dan hanya kita mengaktifkannya pada saat kita benar-benar membutuhkannya. Dengan cara ini kita sudah menghemat baterai, karena perangkat Smartphone kita tidak akan secara terus-menerus mengakses satelit secara sia-sia yang tentu saja akan menguras daya baterai.


2. Matikan wi-fi jika tidak dibutuhkan

Ini merupakan salah satu faktor kesalahan banyak memakai smartphone, yaitu menghidupkan fitur wi-fi yang ditanamkan pada perangkat yang tidak dipakai secara terus-menerus. Hal ini jelas pemborosan daya baterai secara sia-sia, perangkat Android akan bekerja ekstra dalam mencari dan melakukan pemindaian sinyal wi-fi yang ada di sekitarnya. Ini akan menjadi momok yang akan menguras tenaga baterai. Pada intinya, aktifkan fitur ini pada saat diperlukan saja. Jika tidak sedang digunakan maka matikan saja fitur ini, cara ini akan mengurangi beban dan kerja baterai yang ada.


3. Matikan bluetooth jika sedang tidak diperlukan

Soalnya dengan fitur wi-fi, fitur bluetooth juga berpotensi menguras habis daya baterai yang ada. Matikanlah fitur ini jika memang tidak digunakan.


4. Atur kecerahan layar

Bagian perangkat smartphone yang juga memakan daya adalah kecerahan layar, sebaiknya kita kurangi kecerahan seminimal mungkin, asal Cukup jelas untuk dipakai dalam beraktivitas. Itu sudah cukup, keuntungan lain yang dapat diperoleh selain menghemat baterai adalah membuat mata menjadi tidak cepat lelah.


5. Menggunakan wallpaper standard

Salah satu hal yang membuat perangkat smartphone menarik adalah kemampuannya menampilkan wallpaper animasi, alias konten yang ada pada wallpaper yang dapat melakukan gerakan-gerakan sangat indah dan mempesona. Dibalik pesona tersebut sesungguhnya fitur ini akan menyedot dari baterai tanpa kompromi, yang ujung-ujungnya akan membuat perangkat smartphone lemah kehabisan daya. Maka dari itu dengan amat terpaksa sebaiknya sobat mengganti dengan wallpaper standar smartphone sobat.


6. Mengatur time out layar

Cara lain menghemat daya baterai yaitu dengan mengatur masalah screen time out atau waktu yang dibutuhkan sebelum layar perangkat Android masuk ke modus idle atau standby (tidak ada interaksi dari pengguna untuk menyentuh layar) dengan mematikan layar perangkat. Sebaiknya sesuaikan dengan kebiasaan sobat dalam memakai perangkat tersebut sehingga dalam mengaturnya usahakan jangan terlalu singkat atau terlalu lama.


7. Mengatur jumlah program yang dipasang

Banyak program yang dipasang akan semakin membutuhkan daya baterai, maka dari itu pasanglah program atau aplikasi secara bijaksana. Jangan asal main download dan memasangnya. Hal itu akan membuat baterai kita kewalahan dalam menyuplai daya yang dibutuhkan. Maka dari itu hapus atau uninstall beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting, karena akan semakin menambah beban baterai Smartphone sobat.


8. Matikan Koneksi internet saat sedang tidak digunakan


Pada waktu sobat sedang tidak menggunakan Smartphone sebaiknya Matikan koneksi data untuk menghemat konsumsi baterai. Hal tersebut dipercaya dapat menghemat baterai sekaligus menghemat paket data coba.


9. Memasang aplikasi pembantu

Instal aplikasi penghemat baterai gratisan yang dapat unduh gratis di Play Store. Aplikasi pemantau baterai, maka akan memudahkan kita dapat mengatur memanajemen baterai.


10. Mematikan  mode getar

Mode getar memang amat membantu karena membuat kita lebih cepat harus tahu bahwa perangkat Smartphone kita sedang melakukan aktivitas tertentu, misalnya seperti ada telepon dan notifikasi lainnya. Tentu ini menjadi beban tambahan bagi smartphone akan menyebabkan baterai terkuras habis.

11. Mematikan aplikasi latar belakang

Dalam menjalankan fungsinya perangkat smartphone pasti akan menjalankan banyak proses di belakang layar tanpa sepengetahuan kita, kondisi ini Tentu saja tidak baik untuk kesehatan baterai, maka dari itu matikan aplikasi yang tidak diperlukan yang berjalan di balik layar. Untuk mempermudah carilah aplikasi gratisan melakukannya sobat bisa mengunduhnya di Play Store smartphone sobat.


12. Matikan koneksi sinkronisasi

Memang sih sinkronisasi data amat sangat berguna dalam mendapatkan info atau data yang up to date. Namun proses octodad ini akan memakan jaringan internet, dan saat perangkat mengakses jaringan internet tentu akan membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Yang pasti, matikan pilihan tersebut jika ingin menghemat baterai.


13. Pengisian baterai secara penuh

Sebaiknya kita membiasakan diri mengisi baterai sampai penuh sebelum berpergian, sehingga perangkat smartphone kita dapat melakukan fungsinya sebagai perangkat portabel.

14. Mematikan notifikasi

Perangkat Smartphone kita dilengkapi dengan fitur pemberitahuan alias notifikasi, cukup membantu namun fitur ini juga merupakan salah satu Biang Kerok yang dapat menguras baterai. Sebaiknya matikan suara pemberitahuan dan LED yang ada pada perangkat Smartphone kita.


15. Tidak melakukan streaming

Kegiatan mendengarkan musik, menonton video di YouTube akan menyedot daya baterai secara ekstrem. Sebaiknya kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat.


16. Rooting Android

Root menarik bagi pemakai Android yang berpengalaman dan sangat menantang. Jika sobat tidak tahu Apa itu root sebaiknya tidak usah melakukan kegiatan tersebut. Namun, cara root ini memang ampuh untuk menghemat baterai, karena dengan akses root kita dapat melakukan berbagai rekayasa hemat baterai. Salah satunya dengan melakukan tweak di filebuild.prop yang selama ini banyak dilakukan para maniak Android, atau bisa juga menggunakan service init.d

×
Berita Terbaru Update