-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Penyebab HP Android Cepat Panas Serta Solusinya

Selasa, 03 November 2020 | November 03, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T02:28:41Z

Sebagai pengguna smartphone Android tentunya sobat pernah merasakan panas yang berlebih pada perangkat yang kita pakai. Akibat buruk dari panas yang berlebih ini tentu akan mempengaruhi kinerja baterai, dari kondisi ini pada akhirnya akan menjadikan baterai cepat habis dan rusak. Maka dari itu ada beberapa penyebab sehingga smartphone Android memiliki panas yang berlebih. 



1. Kesalahan pengguna

Menggunakan Smartphone Android terkadang sobat lupa bahwa telah memaksa smartphone bekerja melebihi batas kekuatannya. Bagi sobat yang sering melakukan browsing maupun sosial media dalam jumlah waktu yang panjang. Ini akan membuat smartphone bekerja ekstra yang pada akhirnya akan memancing panas berlebih. 


Bagi sobat gamer, game akan bermain game berat dengan durasi yang terlalu lama. Tindakan ini juga akan memancing overhead. Karena Processor, GPU, RAM harus bekerja ekstra. Dunia juga akan membutuhkan tenaga ekstra bagi baterai, yang pada gilirannya akan menyebabkan panas berlebih. Jadi Pergunakanlah perangkat smartphone android dengan sewajarnya saja. Penggunaan berlebihan akan menyebabkan daya baterai cepat terkuras dan boros sehingga menimbulkan panas yang berlebih. 


2. Kondisi Cuaca 

Kondisi ruangan yang pengap, dapat juga mempengaruhi masalah suhu berlebih pada perangkat Android. Bahkan cara memegang Perangkat yang salah pun dapat menjadi penyebab yang mempercepat naiknya suhu pada perangkat smartphone Android. Disarankan sebaiknya sobat pengguna perangkat smartphone Android di area yang tidak terlalu panas cuacanya, yang perlu diperhatikan saat menggunakan genggamlah dengan jari tidur dengan telapak tangan. Tentu akan menyebabkan panas dari dalam perangkat Android tidak dapat terlepas dengan sempurna, karena tertahan oleh telapak tangan. Maka berikanlah ruang untuk perangkat Android agar mendapatkan udara segar dan melepaskan panas. 


3. Kekuatan sinyal atau jaringan yang dipergunakan

Kekuatan sinyal akan amat berpengaruh pada naiknya suhu di perangkat smartphone Android, jaringan atau sinyal yang lemah akan membuat perangkat Android cepat panas. Terutama jika digunakan untuk browsing, ini terjadi karena perangkat Android akan terus dan terus mencari jaringan yang lebih baik. Akibatnya meningkatnya suhu panas pada smartphone Android, maka dari itu seandainya sobat ingin browsing sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh perangkat Android menjadi lemah. Terlalu memaksa memilih jaringan (4G atau WCDMA only) dapat juga menyebabkan perangkat Android menjadi cepat panas. 


4. Terlalu banyak aplikasi berjalan pada background

Kesalahan yang umum terjadi pada para pengguna smartphone Android yaitu masalah multitasking. Seringnya membuka aplikasi secara bersamaan lalu menutupnya dengan cara biasa. Seringkali aplikasi yang kita jalankan meskipun sudah dikeluarkan tetap saja berjalan di balik layar. Sebaiknya pergunakan lah tombol atau Sofkey "back" atau menu exit setelah menggunakan aplikasi. Jangan menggunakan tombol home untuk menutup aplikasi, karena jika sobat mempergunakan tombol home aplikasi tetap akan berjalan balik layar sehingga akan membebani kinerja processor dan ram akan bekerja ekstra. Yang perlu dipahami yaitu dengan banyaknya aplikasi yang berjalan tentu akan mempercepat naiknya suhu perangkat Android. Hal tersebut tentu akan membuat perangkat Android semakin lemot. 


5. Baterai lowbat

Semua perangkat elektronik akan mengalami kerusakan karena umur pemakaiannya. Demikian juga dengan baterai yang sudah terlalu lama digunakan pada umumnya akan mengalami kerusakan. Kondisi tersebut yang ditandai dengan kembung nya Baterai atau mungkin keluarnya cairan dari baterai. Jika hal tersebut terjadi maka sesegera mungkin gantilah berisi tersebut, karena jika tetap dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih berlanjut pada perangkat Android. 


Seandainya kita sudah melakukan berbagai macam cara di atas namun masih saja baterai atau perangkat Android cepat panas, saatnya kita melakukan servis ke teknisi yang sobat percaya atau periksakan ke service center terdekat. Siapa tahu kesalahan overhead berasal dari perangkat Android yang mulai melemah pada perangkat kerasnya.

×
Berita Terbaru Update