-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

"Bawaslu Bukan Lembaga Requrst Dari Kepentingan, Harus Tegas Dan Profesional"

Rabu, 11 September 2024 | September 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-11T10:13:05Z

               foto.Casman Almanegara, SH

KontrasBima.com.- Casman, Ketua DPC Partai Hanura Kota Bima dan Wakil Ketua Tim Pemenangan Pasangan Amanah (H. Mohammad Rum dan Hj. Mutmainnah), melontarkan kritik terhadap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima yang dinilai kurang tegas dalam menindak pelanggaran Pilkada. Ia menyoroti adanya indikasi keberpihakan dan ketidakadilan dalam penanganan pelanggaran, terutama terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam keterangaan persnya, Casman menilai Bawaslu terlihat pandang bulu dalam proses penegakan hukum terkait pelanggaran Pilkada, terutama menyangkut netralitas ASN yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan di masyarakat kota Bima. 

Casman meminta agar Bawaslu menindak semua pelanggaran terkait netralitas ASN bukan hanya di salah satu Paslon tapi semua Paslon yang ada. 

"Saya berharap Bawaslu harus menindak semua ASN yang tidak netral di semua Paslon yang ada, bukan hanya salah satu Paslon saja" Ujarnya.(11/9/2024) 

Selain itu,  Casman juga menyoroti minimnya upaya sosialisasi dan edukasi dari Bawaslu terkait pencegahan pelanggaran Pilkada. Menurutnya, masyarakat dan para pemangku kepentingan memerlukan lebih banyak informasi mengenai tindakan yang dianggap pelanggaran, agar dapat menghindarinya.

“Bawaslu juga seharusnya lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi dan edukasi, bukan hanya menunggu pelanggaran terjadi. Jika Bawaslu lebih intensif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, maka potensi pelanggaran Pilkada bisa diminimalisir,” tambahnya.

Casman berharap Bawaslu Kota Bima bisa segera memperbaiki kinerjanya, terutama dalam memastikan netralitas ASN dan meningkatkan sosialisasi pencegahan pelanggaran Pilkada, demi terciptanya proses demokrasi yang lebih adil dan bersih di Kota Bima. @KB.***

×
Berita Terbaru Update